AJS – 1954 : sepeda motor kuno


Bukan hal aneh jika sebuah produk diberi nama atau mencantumkan nama sang pembuatnya, begitu juga dengan sepeda motor AJS. Sepeda motor AJS di beri nama dengan singkatan dari sang maestro : Albert John Stevens.

Hingga awal tahun 1900-an, mister Steven dan saudaranya telah membangun mesin yang kemudian dikawinkan dengan chasis buatan perusahaan lain. Sedangkan sepeda motor murni buatan mereka baru muncul pada tahun 1909. Hingga sebelum pecahnya Perang Dunia II, AJS membangun mesin bersilinder tunggal dan V-twin, serta sukses dalam beberapa kejuaraan yang menjadi modal bagi terdongkraknya penjualan produk mereka.


Sampai dengan tahun 1931, AJS merupakan perusahaan dan produsen independen, namun krisis keuangan yang dialaminya memaksa AJS bersekutu dengan Matchless Company dan membentuk Associated Motor Cycles (AMC). Matchless dan AJS bersama-sama membangun sepeda motor dengan merk mereka masing-masing.

Otomatis, produk mereka sama, yang membedakan hanyalah pada logo nama dan hiasan. Sentuhan yang memberi ciri berbeda adalah peggunaan stripping berwarna emas pada AJS dan warna perak pada Matchless, dan celakanya kemiripan kedua sepeda motor ini membuat para penggemarnya mulai kehilangan loyalitas kepada keduanya.


Seri 16M adalah motor pertama keluaran AJS pasca perang, dengan model mirip AJS keluaran 1935. namun telah mengalami banyak perubahan dan perbaikan. Pada tahun 1954, AJS 16M dilengkapi dengan karburator besar serta sistim pengapian baru. Untuk mengakomodasi hal tersebut, maka di buatlah side cover. Dalam era pasca perang, AJS menawarkan sepeda motor bermesin tunggal, dan setelah tahun 1949 mesin tegak V-twin di tanamkan.

AMC tetap membeli Norton yang sedang “sakit”  tahun 1952 tetapi tidak memasukkannya ke dalam program kerja bersama seperti AJS dan Matchless.

Pada tahu 1966, AMC gulung tikar dan Matchless terkubur selamanya, tetapi Norton tetap berkibar dengan bendera Norton / Villiers bahkan masih merilis AJS pada pertengahan tahun 1970-an.

About these ads

Satu Balasan ke AJS – 1954 : sepeda motor kuno

  1. alice pngen ..... mengatakan:

    wew

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: