Eyjafjallajokull & formula 1


Eyjafjallajokull, sebuah gunung berapi di Eropa telah membuat jadwal moto GP sedikit berantakan. Lomba moto GP yang sedianya akan di hajat di Jepang akhir minggu ini, terpaksa di batalkan karena abu vulkanik mengganggu penerbangan di Eropa.

Keuntungan bagi tim peserta balap adalah, mereka mempunyai kelonggaran waktu untuk prepare senjata mereka.

Lain halnya dengan tim-tim balap formula 1 yang masih tertahan di Cina pasca lomba minggu kemarin. Jeda waktu perpindahan arena dari Asia ke Eropa, yang seharusnya bisa di manfaatkan untuk persiapan dan perbaikan justru terbuang percuma.

Seperti kita ketahui, hampir semua tim peserta lomba formula satu berbasis di benua biru tersebut, kecuali Lotus yang berbasis di Malaysia. Dengan sendirinya, Lotus telah pulang kandang untuk mempersiapkan lomba berikutnya. Tetapi kisah suksesnya Lotus yang bisa pulang duluan, tidak berarti apa-apa bagi balap formula 1.

Bisa saya katakan, walaupun Lotus bisa pulang satu bulan lebih cepat di banding tim eropa lainnya, hasil akhir balapan setelah seri Cina tidak akan menempatkannya menjadi finisher ke 10.  Kecuali tim-tim mapan eropa mengalami trouble yang amat sangat parah.

Saingan terdekat Lotus hanyalah Hispania  dan Virgin, dab hanya tim-tim itulah yang dapat dia libas. Selain dua tim tersebut……..jelas tidak mungkin!.

Dari empat tim utama peserta balapan formula satu : Ferrari, McLaren, Mercedes dan Redbull, hanya Ferrari yang mempunyai beban lebih. Reability mesin Ferrari sedikit banyak di pertanyakan. Dalam keterangan Luca Marmorini pada hari Jum’at kemarin yang mengatakan mesin Ferrari tidak dalam masalah, ternyata tidak terbukti.

Mesin yang di pakai Alonso mengalami kegagalan pada sesi kualifikasi, sehingga dia terpaksa mengganti mesin.  Sedangkan pada hari H balapan, salah satu mesin tim STR juga mengepulkan asap putih.

Untuk posting pertama ini, saya tidak akan berpanjang kata. Yang pasti Ferrari Under Pressure.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: