sirkuit baru di Serbia


Persaingan untuk menjadi pementas gelaran Formula 1 dan moto GP sepertinya akan menjadi lebih menarik beberapa tahun mendatang. Setelah Korea Selatan yang saat ini sedang membangun lintasan balap, Serbia juga berniat membangun sirkuit di Stara Pazova.

Menurut f1technical, setidaknya Serbia harus mengeluarkan dana sebesar 200 – 250 juta euro untuk mewujudkan keinginan tersebut. Dan kabarnya pula, Tim Stefan GP yang berasal dari negeri bekas Yugoslavia ini, telah siap dengan dana 20 juta euro untuk berdirinya sirkuit ini. Memang masih sangat jauh dari cukup untuk mencapai 250 juta euro, namun jika otoritas dan investor setempat serius, tentunya hal itu bukan masalah besar.

Muncul pertanyaan di benak saya, apakah peran serta Stefan GP dalam membangun sirkuit di Serbia di jadikan senjata agar dia dapat ikut berkompetisi di arena F1 musim depan? Hanya pihak Stefan GP yang tahu, dan yang kita tahu bahwa Stefan GP telah di tolak FIA untuk menggantikan US F1 yang lebay.

Memang menjadi lebih menarik jika gelaran formula 1 dan moto GP merentang ke wilayah timur benua eropa, karena sepengatahuan saya, kedua lomba ini belum pernah mendarat di eropa timur. Dan setahu saya juga, hanya Republik Ceko yang menggelar moto GP sejauh ini, dengan pembalap andalannya Lukas Pesek (salah gak?).

Untuk formula 1, tahun ini memang Rusia telah ikut bicara dengan mengirimkan seorang driver di tim pabrikan: Renault. Bahkan Rusia juga menempelkan logo di bodi mobil Renault, yang artinya Rusia juga tertarik dengan gelaran formula 1.

Bisa jadi dengan turunnya Rusia di arena F1,apalagi jika prestasi Vitaly Petrov bersama Renault semakin mengkilat, tidak tertutup kemungkinan bagi FIA untuk menggelar balapan di Rusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: