petugas SPBU, masa bodoh


Betul judul tulisan di atas, setidaknya sampai tadi sekitar jam 09.00 pagi ketika saya isi bensin di salah satu SPBU.

Sudah menjadi atribut umum di setiap SPBU, bahwa simbol dan tulisan : dilarang merokok dan mengaktifkan ponsel di area SPBU, selalu terpampang. Tujuannya adalah untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan: kebakaran dan ledakan.

Tetapi bagaimana pelaksanaan di lapangan? Untuk urusan merokok di areal  SPBU memang tidak ada yang melakukannya, setidaknya dalam pengamatan saya selama ini.

Namun kalau untuk urusan ponsel, tidak seperti itu pelaksanaanya. Bukan saja konsumen yang sedang menunggu antrian isi BBm, bahkan petugas SPBU sendiri juga asik mainin ponsel sambil nunggu konsumen.

Seperti tadi saat saya isi BBM, kebetulan saya masuk ke SPBU yang lagi sepi. Begitu mendekat ke baris pengisian, saya lihat petugas SPBU asik main sms, padahal tanda larangan menggunakan ponsel jelas tertempel di tiang yang ada di depan mata.

Memang sih saya belum mendengar ada SPBU meledak gara-gara ponsel, tetapi larangan tersebut jelas sekedar peringatan iseng. Atau memang harus menunggu ada SPBU meledak gara-gara sinyal ponsel, baru aturan itu di taati?

Mungkin ini adalah keteledoran dari pemilik SPBU yang tidak tegas terhadap karyawannya yang pegang ponsel saat sedang bertugas. Atau justru begitu longgarnya pengawasan dari Pertamina selaku pemilik franchise terhadap perusahaan pembeli franchise-nya.

Kesimpulannya, begitu banyak personal yang masih masa bodoh terhadap keselamatan, termasuk personal yang seharusnya lebih mengerti tentang resiko tempat tugasnya.

Dan kita harus menunggu sampai salah satu SPBU hancur, baru ada tindakan  dari pemilik franchise.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: