meteor jatuh


Sebuah batu kecil dari angkasa jatuh di pesisir pantai Bat Yam, Israel. Yang mengejutkan, batu berukuran tak lebih besar dari kepalan tangan itu mengeluarkan bunyi saat jatuh dan terbakar.  Seperti dilansir The Jerussalem Post, Minggu (25/4), benda yang mengeluarkan api dan diduga meteor itu jatuh pada Sabtu petang waktu setempat.

Hingga kini belum dapat diidentifikasi asal-muasal benda mengejutkan itu. Apakah itu dari sisa-sisa pesawat ruang angkasa atau limbah limbah fosfor. Saat tiba di lokasi, petugas kepolisian langsung memadamkan api yang masih membara. Batu itu kemudian diambil petugas untuk diteliti lebih lanjut di Institut Survei Geologi Israel.

“Batu itu masih terus menyala selama beberapa menit. Bahkan ketika sudah dimasukkan ke dalam air laut, batu itu apinya masih menyala,” kata Eli Hagadish, manajer Pantai Bat Yam, kepada Channel Two News. Polisi setempat melaporkan, tidak ada satupun korban luka akibat jatuhnya benda berapi itu. Tidak ada pula laporan kerusakan yang ditimbulkan.

Benda-benda kecil dari ruang angkasa bisa kapan saja masuk ke lapisan atmosfir bumi. Biasanya, saat menuju bumi tercipta gesekan dan menimbulkan panas yang luar biasa.  Peristiwa gesekan dan terbakarnya benda angkasa itu biasanya diikuti dengan jejak panjang seperti garis di angkasa, seperti meteor. Benda angkasa yang menghujam ke bumi sebagian besar sudah dalam bentuk partikel-partikel kecil.

Dan untuk yang satu ini, benda kecil dengan lokasi pendaratan yang sudah diketahui dan masih dalam kondisi terbakar, termasuk kategori kondisi langka. Kepala Asosiasi Astronomi Israel sendiri masih belum yakin bahwa benda itu adalah meteor. Menurut dia, justru benda itu akan dalam kondisi dingin saat memasuki lapisan atmosfir.

harian-global

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: