moto GP vs super bike


Jelas berbeda antara motoGP dan super bike, tetapi di Indonesia ada kesamaanya yaitu pada stasiun tv yang menayangkannya.

Judul di atas, saya maksudkan untuk tingkat persaingan dalam setiap lomba. Dalam motoGP jarang sekali persaingan di posisi podium berlangsung seru hingga garis finis. Bandingkan dengan gelaran superbike yang hampir di sepanjang lomba selalu berlangsung menarik.

Bahkan seperti yang saya lihat di tv kemarin malam, balapan tidak hanya di dominasi oleh merk motor tertentu. Setidaknya tiga merk motor selalu berebut posisi menjadi yang terbaik. Inilah kelebihan WSBK.

Mungkin harus ada regulasi baru untuk motoGP, sehingga tidak monoton di kuasai oleh merk tertentu.  Atau setidaknya balapan berlangsung seru, dari awal hingga akhir. Mungkin cara yang di pakai FIA bisa di pakai oleh FIM, yaitu engine freeze.

Dengan regulasi seperti itu, pabrikan yang motornya belum bisa bersaing masih mempunyai waktu untuk berbenah (tapi tidak merubah desain dasar mesin),  karena tim dengan motor bermesin bagus tidak bisa mengembangkan mesin baru.

Mungkin cara ini juga akan menekan biaya, sehingga makin banyak tim yang ikut berpartisipasi.  Bukankah semakin banyak peserta, semakin menarik jalannya lomba?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: