KERS kembali dipakai musim depan?


Ketika FIA memasukkan Kinetic Energy Recovery System (KERS) ke dalam regulasi pada tahun 2008, beberapa tim sangat antusias pada teknologi ini dan menginvestasikan dolar pada pengembangannya, dan mereka yakin akan mendapatkan keuntungan yang signifikan jika tepat dalam pengaplikasiannya.
Namun ternyata hasil yang di dapat setiap tim berbeda, selama musim kompetisi 2009 Renault dan BMW Sauber terpuruk ketika menggunakan teknologi ini, tetapi sukses justru berada di kubu McLaren sehingga investasi mereka tidak sia-sia.

Selanjutnya, meski FIA tidak melarang penggunaan KERS pada musim kompetisi 2010 ini, namun asosiasi tim peserta balap formula 1 (FOTA) membuat kesepakatan yang mengikat untuk tidak menggunakan KERS, salah alasanya adalah demi penghematan biaya.

Setelah pertemuan di Malaysia kemarin, ternyata banyak tim yang setuju menggunakan KERS. Direktur tehnik Williams mengatakan, Ferrari dan Renault bersedia menyediakan KERS dengan harga terjangkau bagi tim yang membutuhkannya. Kedua tim menawarkan KERS mereka nanti mempunyai harga kurang dari satu juta euro, tetapi keduanya juga hanya sanggup untuk menyediakan KERS yang berkemampuan 400 kilojoule, namun mereka tidak akan mampu menyediakan KERS yang mempunyai kemampuan 600 hingga 800 kilojoule.

Perlu di pahami KERS dengan kemampuan boosting 600 hingga 800 kilo joule, lebih sesuai bagi mobil formula 1. Tetapi bagaimanapun, Renault tetap bersedia untuk menyediakan KERS bagi tim yang membutuhkan tetapi Ferrari baru menyediakan KERS bagi tim pengguna mesin Ferrari yang berminat.

Pertemuan para eksekutif FOTA pada balap di Barcelona akhir minggu ini, diharapkan akan memunculkan kesepakatan mengembalikan KERS di musim 2011 nanti. Bagi Williams F1, hal ini berarti semakin terbuka peluang untuk mendulang prestasi, setidaknya investasi mereka dengan menguasai Williams Hybrid Power akan memberikan hasil positif dimana mereka mungkin akan menggunakan sistim flywheel komposit buatan mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: