logo baru sponsor ferrari


Ferrari mengubah gambar sponsor yang tergores di penutup mesin kedua mobilnya. Seperti kita tahu “barcode” di bagian penutup mesin Ferrari identik dengan sponsor tim ini: Marlboro. Kita juga tahu Uni Eropa juga melarang iklan rokok di event apapun.

Perubahan gambar sponsor tersebut salah satunya karena keluhan beberapa dokter yang menganggap barcode tersebut nampak seperti beberapa batang rokok yang terbuka bungkusnya.

logo sponsor sebelum seri Barcelona 2010

Memang sejak Uni Eropa memberlakukan larangan iklan rokok, banyak tim formula 1 yang ditinggalkan oleh sponsor potensial. Ketika Uni Eropa belum mengeluarkan kebijakan anti iklan rokok, banyak tim F1 yang didanai oleh perusahaan rokok, diantaranya: Mild-Seven Benneton, BAR (British American Racing), BAR Honda, benson & Hedges Jordan dan tentu saja Ferrari Marlboro. Kalau tidak salah, Mclaren juga pernah di sponsori oleh produsen rokok, namun sampai saat ini yang masih bertahan hanya Ferrari Marlboro.

logo sponsor mulai seri Barcelona 2010

Menurut kabar, perubahan logo sponsor pada Ferrari telah disetujui oleh sang sponsor. Namun muncul pertanyaan di kepala saya, akankah Ferrari tetap di sponsori Marlboro pada musim depan? Pertanyaan wajar menurut saya, karena sponsor pasti tidak mau kalau logonya tidak sesuai atau dipandang tidak mencerminkan jati diri mereka yang berarti tidak sesuai dengan tujuan mereka ber-iklan. Apalagi Marlboro merupakan sponsor utama tim kuda jingkrak.

Jika Marlboro benar-benar kabur dari Ferrari, berarti Ferrari menghadapi petaka besar: sumber dana. Sehingga mau tidak mau FIAT sebagai induk organisasi harus siap mengucurkan dana yang besar sebelum mendapat sponsor yang potensial.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: