sepeda motor kuno amerika (2)


Produsen sepeda motor Thor, dimiliki oleh Aurora Automatic Machinery Company. Perusahaan ini turut berjasa menumbuhkan industri sepeda motor amerika, karena mesin buatannya di manfaatkan oleh produsen sepeda motor lainnya seperti Indian, Reading Standard dan Sears.

Thor 1914

Kerja sama dengan Indian bermula di tahun 1902 dan berakhir pada 1907, sehingga Thor berinisiatif membangun sepeda motor sendiri.

Pada model awal, Thor menggunakan mesin tunggal yang dirancang Thor-Indian dan telah memproduksi selama lima tahun. Dan ketika Thor memperkenalkan V-twin pertama pada tahun 1910, memicu produsen lain mengikuti langkahnya.

Mesin Thor, tidak di pasang tegak membentuk huruf V, namun silinder depan cenderung lebih rebah dan silinder belakang menjadi tegak sehingga mirip dengan hurf L yang pada era modern sekarang sering di adopsi oleh produesen sepeda motor dari Italia: Ducati. Akibatnya di belakang mesin terdapat ruang kosong dan Thor memanfaatkannya untuk menempatkan karburator dan magneto (generator?)

Pada 1913, Thor memperkenalkan mesin V-twin baru  hasil rancangan sendiri dan dipasang dengan cara konvensional, sekaligus menggantikan mesin 76 inci kubik. Thor sukses dalam bebrapa balapan, tetapi tidak pernah bisa lepas dari bayang-bayang Indian dan Harley-Davidson.

Akhir cerita dari Thor sama dengan produsen sepeda motor masa itu yang tidak sanggup menghadapi ketatnya persaingan, namun Thor masih sempat mengeluarkan produk terakhirnya pada tahun 1917 sebelum benar-benar menghilang karena induk perusahaan lebih berkonsentrasi pada industri peralatan dan power tools.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: