sepeda motor kuno amerika (3)


Reading Standard sebenarnya telah berkecimpung di industri sepeda motor sejak 1903, tetapi barulah tiga tahun kemudian mereka membuat sepeda motor bermesin tunggal sendiri, sekaligus mesin flathead pertama di amerika.

Pada tahun 1908, mereka mengadopsi mesin V-twin dengan intake manifold berada disisiatas head silinder dan exhaust manifold berada disamping.

Menurut sumber, konvigurasi katup mesin ini tidak umum, tapi saya tidak paham dengan maksud tulisan ini : The valves were on the left side of the front cylinder, but on the right side of the rear cylinder. Karena saya berasumsi, katup ada pada tiap silinder dan saya belum pernah menjumpai mesin multi silinder dengan katup hanya berada pada satu silinder kecuali mesin bersilinder tunggal.

Reading Standard 1913

Baiklah kita lanjutkan, mesin V-twin ini berkapasitas 722 cc dan selanjutnya dikembangkan lagi hingga 990 cc. Sedangkan desain terakhir, kapasitas mesin di perbesar hingga 1.180 cc.

Perusahaan ini ikut meramaikan ajang kompetisi pada tahun 1907, dan memenangkan lomba ketahanan 1.000 mil pada tahun itu.  Namun pada 1910, Reading Standard meninggalkan balap dan memutuskan untuk fokuskan pada penjualan sepeda motor pada tingkat ritel, keputusan yang mungkin sedikit terlambat karena pada 1914, bisnis sepeda motor sudah mulai tampak suram.

Reading Standard 1913

Pada tahun 1922, Reading Standard dijual ke Cleveland Motorcycle Company, yang pada tahun 1923 menawarkan Reading Standard dengan harga murah untuk mempertahankan perusahaan. Pada tahun berikutnya Cleveland justru dijual dan nama besar Reading Standard menghilang dan terlupakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: