sepeda motor kuno amerika (4)


Merkel merintis desain sepeda motor sejak tahun 1900-an. Pada masa awal demam sepeda motor, Merkel merilis jagoannya yang mengusung mesin kecil bersilinder tunggal pada tahun 1902, dan selanjutnya terus berkembang hingga mengadopsi mesin V-twin  di tahun 1910 dan mengokohkan posisinya dalam persaingan industri sepeda motor.

Merkel 1911

Biarpun secara keseluruhan bentuknya mirip dengan sepeda motot masa itu, merkel telah memberikan sentuhan lebih pada garpu depan yang sekaligus sebagai suspensi depan. Sepintas terlihat mirip dengan garpu sepeda yang ridgid, tetapi sesungguhnya tersembunyi pegas didalamnya, yang kemudian di contek oleh produsen sepeda motor lainnya. Tidak ketinggalan, garpu roda belakang juga mendapat perhatian dengan menggabungkan  swing dan slider arm.

Merkel 1911

Edisi 1915, Merkel menawarkan model unggulan: suspensi depan dan belakang, kickstarter, suspensi pada sadel (spring), transmisi dengan dua percepatan dan mesin yang powerfull V-twin dengan kapasitas 1.000 cc.

Merkel 1911

Tetapi sayangnya sang innovator dan pelopor ini tidak dapat bertahan dalam melawan persaingan yang ketat dan harus meninggalkan industri sepeda motor pada tahun 1916.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: