sepeda motor kuno amerika (5)


Excelsior 7-C 1913 adalah salah satu model sepeda motor dari pemilik merek Excelsior Schwinn.  Excelsior adalah salah satu nama besar pada masa awal industi motor, dan popularitasnya bersaing dengan Indian dan Harley-Davidson. Perusahaan sepeda motor Excelsior Schwinn didirikan pada 1907 sebagai sebuah divisi dari Schwinn Bicycle yang memberi perhatian lebih besar terhadap pengembangan sepeda motor.

Excelsior – 1911

Sampai tahun 1910, perusahaan sepeda motor ini mengadopsi mesin silinder tunggal dan pada tahun itu juga mereka mulai menggunakan mesin V-twin 800 cc. Selanjutnya mesin ini berkembang menjadi 1.000 cc serta mulai meninggalkan belt dan beralih ke rantai untuk menggerakkan roda belakang pada tahun 1913. Segera setelah itu, sebuah transmisi tiga kecepatan diadopsi, menggantikan unit percepatan tunggal yang telah dipakai sebelumnya.

Kemajuan berikutnya adalah “Big Valve Motor”, mereka  menggunakan katup berdiameter  2 1/8” yang sukses dalam event balap dan mampu memecahkan rekor kecepatan 100 mil/jam pada tahun 1912.

Ignatz Schwinn selanjutnya membeli Perusahaan Henderson pada tahun 1917 yang bermasalah dengan keuangan dan memperluas produksinya dengan menyertakan mesin empat silinder segaris milik Henderson. Akuisisi yang dilakukan Excelsior memicu tumbuhnya popularitas  Henderson.

Excelsior 7-C 1913

Tetapi secepat pertumbuhan permintaan motor, secepat itu pula hilangnya antusiasme pengguna motor. Akhirnya pada tahun 1931  Excelsior dan Henderson harus menyerah dalam persaingan yang ketat dan resesi ekonomi yang melanda sejak awal 1930-an.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: