sepeda motor kuno amerika (6)


Sepeda motor Pierce produksi 1910 adalah sepeda motor empat silinder pertama yang di bangun oleh produsen sepeda motor Amerika. Sayangnya, baik rancangan maupun perusahaan tersebut berumur pendek.

Sepeda motor Pierce dengan mesin 4 silinder diperkenalkan pada tahun 1909, dengan desain yang di pengaruhi oleh FN empat silinder yang dibangun di Belgia.

Dengan bentuk yang rendah dan jauh lebih modern dari FN, dan merupakan sepeda motor berkualitas tinggi yang dibangun dengan kerangka tubular yang mempunyai fungsi ganda sebagai rangka sekaligus tangki bahan bakar. Tenaganya yang dihasilkan dari mesin berkapasitas 700 cc (42 inch kubik).

Mesin merupakan bagian terintragrasi dengan frame dan menggerakkan roda belakang dengan perantaraaan sebuah batang (kopel) dan gardan, sesuatu yang baru pertama kalinya di terapkan pada motor buatan amerika. Model awal adalah berpenggerak langsung, tanpa kopling dan tanpa gearbox, baru pada tahun 1910, kopling dan transmisi dua kecepatan yang ditambahkan.
Pierce empat silinder merupakan sebuah motor mahal jika dilihat dari penjualannya yang sedikit, meskipun mesin dengan silinder tunggal dengan desain serupa juga ditawarkan. Konon kabarnya biaya produksi kedua model tersebut sangat besar sehingga perusahaan mengalami kesulitan keuangan dan menutup pabriknya pada tahun 1913. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: