gp monaco yang tidak menarik


Duo driver Sauber Pedro de la Rosa dan Kamui Kobayashi mengakui bahwa sirkuit jalan raya Grand Prix Monaco cenderung tidak sesuai dengan mobil mereka. Karakter jalanan sempit dan berliku-liku dari sirkuit ini, menuntut konsentrasi penuh semua driver dan mengharuskan mereka menghindari kesalahan sekecil apapun agar bisa sampai di garis finish, itu baru baru menyentuh garis finish belum tentu dapat point.

Bagi sebagian besar driver F1, mungkin telah mengenal lika-liku jalanan Monaco termasuk Pedro de la Rosa yag pernah menyentuh finish line di urutan 10 pada tahun 2002 bersama tim Jaguar. Sedangkan bagi Kobayashi, ini adalah pertama kalinya bagi dia untuk merasakan siksaan Monaco dengan mobil formula 1, walaupun dia pernah juga menyantap lintasan Monaco dalam kelas GP2.

Mungkin lomba di Monaco nanti akan mengalami banyak kekacauan yang timbul dari perbedaan kecepatan mobil peserta F1. Tim-tim anak bawang berpotensi mengacaukan lomba karena begitu lambatnya mobil mereka. Lotus, Virgin, dan Hispania selalu kedodoran dalam trek normal, sudah pasti akan lebih lambat di Monaco terutama Hispania yang di besut driver belum berpengalaman. Saya jadi ingat sebuah kejadian, David Coulthard pernah ngamuk-ngamuk mengacungkan tangan ke udara saat lomba berjalan. Kenapa? Dia yang berada di posisi terdepan dan dapat mencium ekor back marker, tetapi dia tidak dapat mendahului back marker, dongkol bener dia saat itu.

Kondisi demikian salah siapa? Tentu bukan salah tim peserta balapan, tetapi kesalahan ada di promotor lomba ini yang hanya senang menerima duit dari hak penyelenggaraan lomba tetapi menutup mata pada esensi balapan. Seakan-akan penyelenggara balap Monaco membeli balapan F1 dan dijadikan ajang pameran (parade) mobil langka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: