berlian, panel surya dan f-duct


Setelah pertemuan di Barcelona, tim Formula 1 telah membuat keputusan untuk tidak lagi menggunakan F-duct mulai musim 2011 dan seterusnya.

Fitur aerodinamika radikal ini pertama kali diperkenalkan oleh McLaren, seperti diketahui F-duct memungkinkan mobil melaju lebih kencang di lintasan lurus dengan cara mengatur (mengurangi) hembusan angin yang menimpa sayap belakang sehingga down force menjadi berkurang.

Sebuah kerugian besar buat McLaren karena dengan fitur tidak memerlukan perangkat mekanis ini McLaren lebih unggul dari pada tim peserta yang lain.

Namun masih dalam musim 2010 ini, Ferrari telah mengambil keputusan untuk tidak menggunakan F-duct pada seri Monaco, hal tersebut ditandai dengan telah ditutupnya sebuah lubang disisi kokpit kedua mobilnya.

Ferrari memang menggunakan fitur f-duct pada seri Barcelona kemarin, namun dengan pertimbangan karakter sirkuit jalan raya Monte-Carlo yang sempit, berliku-liku dan lambat yang secara keseluruhan miskin trek lurus maka penggunaan f-duct tidak akan bermanfaat.

Sementara itu, team Renault semakin tajir setelah menjalin kemitraan baru dengan produsen panel surya dari China : Trina Solar.

Perusahaan yang telah berdiri sejak 1997 ini akan memamerkan produknya akhir pekan ini di Monaco, selain itu produk mereka juga akan ditempatkan diarea padock dan hospitality team Renault.

Sensasi kembali ditunjukan tim Mclaren, untuk Grand Prix Monaco nanti kedua roda kemudi mobil mereka akan dihiasi berlian, begitu juga dengan helm yang akan dipakai oleh Lewis Hamilton. Tim yang bermarkas di Woking tersebut menjalin kemitraan dengan Steinmetz.

Berlian dan formula 1 sepertinya tidak ada hubungannya, namun hiasan berlian pada mobil formula 1 juga bukan kali ini saja terjadi. Tercatat Kimi Raikonen juga pernah menggunakan helm yang dihiasi berlian pada tahun 2005, bahkan ujung hidung mobil Jaguar juga pernah di tempeli berlian pada tahun 2004.

2 Balasan ke berlian, panel surya dan f-duct

  1. ahsanfile mengatakan:

    Aduh… soal yang beginian ane gak mudeng ….

    salam kenal aja😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: