ace – 1920 : sepeda motor kuno


Sepeda motor Ace keluaran tahun 1920 dikembangkan oleh dua bersaudara Tom dan William Henderson. Mereka mulai membangun sepeda motor yang terkenal dengan mesin empat silinder pada tahun 1912. Namun akhirnya perusahaan ini di jual ke Excelsior pada tahun 1918 setelah mengalami masalah keuangan. Excelsior merupakan kepanjangan tangan dari Perusahaan Sepeda Schwinn (Schwinn Bicycle Company).

Dua tahun setelah itu William Henderson mendirikan Ace, yang juga memproduksi sepeda motor bermesin empat silinder, namun tidak ada komponen yang dapat saling dipertukarkan dengan buatan Henderson sebelumnya.

Sepeda motor Ace keluaran 1920 mengusung mesin F-head empat silinder segaris berkapasitas 77 inci kubik. Tenaga yang dihasilkan mesin di kirim ke roda belakang dengan transmisi tiga percepatan yang di operasikan menggunakan tangan. Motor ini mengadopsi kopling basah multidisc dan dioperasikan dengan kaki.

Ace 1920 telah mengadopsi pegas dalam tabung sebagai suspensi roda depan, namun tidak demikian halnya dengan suspensi belakang yang ridgid. Motor ini mempunyai bobot yang lumayan berat hampir mencapai 200 kg, namun justru menjadi sepeda motor yang tangguh dan bertahan dalam waktu lama.


Ace menghasilkan produk yang sempurna, tetapi umurnya sangat singkat. Penyebabnya adalah kesulitan keuangan setelah William meninggal akibat kecelakaan sepeda motor pada tahun 1922. Perusahaan Motor Indian membeli Ace pada tahun 1927, dan tetap melanjutkan menjual produk Ace yang diganti dengan merk Indian hingga perang dunia ke dua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: