Cleveland – 1926 : sepeda motor kuno


Cleveland turut serta dalam industri sepeda motor pada tahun 1902, mengikuti arus menjamurnya industri tersebut di AS pada awal tahun 1900-an. Sejumlah perusahaan lain juga terjun dalam industri ini, seperti: Columbia, Tribune, Rambler, dan banyak lagi.

Di masa awal produksinya, sepeda motor Cleveland tidak jauh berbeda dengan sepeda motor Indian. Tetapi di kemudian hari mereka mempunyai cirri yang khas, yaitu kombinasi chasis yang panjang tetapi rendah. Saat itu mereka mengandalkan mesin tunggal dua langkah, di lengkapi transmisi dua percepatan.

Tuntutan pasar beralih kepada mesin empat langkah, dan Cleveland mencoba untuk menerima tantangan pasar. Maka ditinggalkanlah mesin dua langkah pada tahun 1926.

Mereka membuat sepeda motor bermesin empat silinder segaris empat langkah berkapasitas 600 cc T-Head engine, dengan katup masuk berada di salah satu sisi silinder dan katup buang disisi yang lain (berseberangan). Transmisi telah mengadopsi tiga percepatan dan berpenggerak rantai, seperti halnya Indian, Ace dan Henderson.

Sayangnya, upaya Cleveland tersebut tidak mendapat sambutan hangat di pasar karena kalah bersaing. Mesin Cleveland yang hanya 600 cc dianggap terlalu kecil, sedangkan produsen yang lain telah memproduksi sepeda motor dengan mesin V dan berkapasitas lebih besar, 750 cc dan akhirnya 1000 cc.

Cleveland terakhir kali memperkenalkan motornya pada tahun 1927, yang merupakan sepeda motor pertama dengan rem depan. Namun setelah itu Cleveland harus menutup pintu pabriknya karena harga motornya terlalu mahal dan tidak sanggup bertahan melawan depresi ekonomi yang terjadi saat itu.

2 Balasan ke Cleveland – 1926 : sepeda motor kuno

  1. ahsanfile mengatakan:

    Wow… mesinnya banyak bener mas..
    itu pasti larinya bisa kenceng banget…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: