si kumbang


Dalam gambar diatas tampak sebuah VW Beetle yang sedang melaju, anda dapat membaca kalimat yang tertulis pada body mobil. VW tersebut berbahan bakar gas metana yang dihasilkan dari proses daur ulang sampah (limbah). Demikianlah yang saya tangkap dari artikel yang tertulis di popsci.com.

GENeco adalah sebuah instalasi (perusahaan) pengolahan limbah di Bristol, Inggris yang telah berhasil memproduksi gas metana. Produk tersebut dihasilkan dengan cara mengolah limbah dan mereka telah menggunakannya sebagai sumber energi pada lingkungan mereka.

Setidaknya, proyek mereka saat ini talah berjalan cukup efisien, mereka dapat men-suplai gas untuk sekitar 70 rumah tangga di sekitar mereka selama setahun penuh. Gas yang disuplai untuk kebutuhan rumah tangga adalah kelebihan gas yang tidak dapat mereka gunakan sendiri dan mereka tidak mau ada gas yang terbuang percuma.

GENeco juga tertantang untuk dapat memanfaatkan produk gas mereka menjadi sumber energi bagi kendaraan, walaupun harus mengeluarkan biaya mahal, GENeco tetap mengimpor peralatan khusus, untuk menyempurnakan biogas yang mereka hasilkan agar tidak menurunkan kinerja mesin.

Pengolahan limbah menjadi gas metana adalah langkah pertama dari agenda lingkungan GENeco yang ambisius. Perusahaan tersebut mempunyai rencana agar pabrik mereka dapat segera melakukan daur ulang sampah yang berasa dari makanan.

Walaupun tidak ditujukan untuk menggantikan kebutuhan akan minyak bumi, namun jelas upaya yang dilakukan oleh GENeco merupakan langkah yang positif. Jika proyek GENeco berjalan sukses, maka limbah makanan tidak lagi menjadi barang yang tidak bernilai atau setidaknya tidak lagi menimbulkan kekhawatiran terhadap pencemaran lingkungan, karena setelah dikonversi menjadi gas metana dapat di konsumsi sebagai bahan bakar kendaraan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: